:::: MENU ::::

Sekarang anda dapat mengakses Blog SMPN 184 Jakarta ini menggunakan Tablet, iPad , TouchPad & Gadget anda dengan lebih mudah.

  • Future Education

  • Mengenal Wikipedia

  • Persiapan UAS

Senin, 02 Desember 2013

Sumber untuk menggali Ilmu Pengetahuan melalui Media Internet sangatlah banyak.Wikipedia adalah salah satunya.Website urutan No.5 yang paling banyak dikunjungi oleh pengunjung dari seluruh dunia ini berdiri pada tahun 1995 melalui perangkat lunak Wiki yang kemudian dikembangkan dan ditingkatkan lagi kemampuannya. 

Sebenarnya apa sih, Wikipedia itu? Wikipedia adalah ensiklopedia terbesar dan terpopuler di dunia. Wikipedia berada dalam jaringan Network dan isinya bebas digunakan untuk tujuan apa pun, serta bebas dari iklan. Wikipedia memiliki lebih dari 30 juta artikel yang ditulis oleh sukarelawan dari berbagai negara dalam 287 bahasa, menjadikannya salah satu situs paling populer di dunia. 



 Apa isi dari Wikipedia?

Wikipedia adalah hasil kolaborasi yang isi artikelnya telah ditambahkan dan disunting oleh jutaan orang dalam sepuluh tahun belakangan: siapa pun dapat menyuntingnya, kapan pun, dari manapun. Wikipedia menjadi kumpulan pengetahuan bersama terbesar sepanjang sejarah umat manusia. Orang-orang yang berada di belakangnya disatukan oleh kecintaan terhadap pembelajaran, keingintahuan intelektual, dan kesadaran bahwa kita akan mengetahui lebih banyak hal bila kita bersama, dibandingkan sendirian.  



Misi utamanya adalah mendukung komunitas sukarelawan global untuk mengumpulkan dan mengembangkan data dan seluruh pengetahuan yang ada di dunia dan menjadikannya tersedia untuk siapa pun secara bebas, bisa digunakan untuk tujuan apa pun.Wikipedia sudah bekerja sama dengan jaringan mitra lokal di berbagai negara untuk mencapai tujuan ini.

Dari sinilah Wikipedia menjadi besar dengan kumpulan database berupa jutaan artikel yang di sunting dan disimpan, tak ubahnya membuat Wikipedia menjadi Sebuah Perpustakaan Umum Online Terbesar yang berisi data dan fakta.

Siapa Pendiri Wikipedia? 

 Pendiri Wikipedia ialah Jimmy Wales, 


Apa Gunanya Wikipedia  bagi pelajar?

Dalam kesehariannya Wikipedia digunakan lebih dari 505 juta orang diseluruh dunia dan kini Wikipedia sudah tersedia dalam jaringan, di ponsel Anda, dalam DVD, dalam buku, dan banyak bentuk lainnya. Pada zaman web terbuka seperti sekarang ini, ada potensi proyek bagi pelajar untuk menjadi lebih dari sekadar latihan. Ada profesor-profesor di Universitas Indiana University yang sudah mulai memberi tugas pada mahasiswanya untuk menulis di Wikipedia. Semuanya memperoleh keuntungan: mahasiswa memperoleh pembaca untuk hasil kerja mereka, para dosen berhasil memotivasi mahasiswa mereka untuk aktif memajukan potensi masing-masing, dan pembaca memperoleh artikel yang lebih baik. 




Mitra Wikimedia saat ini juga telah menjangkau sekolah-sekolah untuk mengembangkan "Ke-melek-an terhadap media" serta mempromosikan penggunaan Wikipedia yang lebih dinamis dalam Kegiatan Belajar Mengajar di kelas. 

Sejak pendirian Wikipedia pada Januari 2001 dan Wikimedia Foundation pada Juni 2003, Wikipedia telah berkembang pesat. Wikipedia bahasa Inggris, proyek pertamanya, telah berkembang hingga mencakup lebih dari 4,300,000 artikel sampai hari ini. Bila semua Wikipedia dalam berbagai bahasa digabungkan maka Wikipedia sudah memiliki lebih dari 30,000,000 artikel. 


Fitur apa saja yang ada di Wikipedia?

Di samping Wikipedia, Wikimedia Foundation juga menjalankan dan mendukung program seperti :

  • Wikimedia Commons, suatu gudang penyimpanan media yang mengandung lebih dari 19,000,000 citra, video, dan berkas suara yang dapat digunakan secara bebas,
  • Wikibooks, suatu proyek untuk membuat buku teks bebas,
  • Wiktionary, kamus dan tesaurus multibahasa,
  • Wikisource, suatu perpustakaan naskah sumber yang memiliki lebih dari 1,300,000 halaman terkoreksi dalam 29 bahasa
  • Wikinews, suatu situs berita warga,
  • Wikiversity, suatu platform pembelajaran interaktif,
  • Wikiquote, suatu koleksi kutipan, serta
  • Wikispecies, suatu direktori kehidupan di Bumi. 

Notes : Wikimedia Foundation tidak terkait dengan WikiLeaks. 

 

Bagaimana Wikimedia Foundation dijalankan?

Wikimedia Foundation memiliki 191 pegawai yang dipimpin oleh direktur eksekutif, Sue Gardner. Para stafnya membantu pekerjaan dari ratusan ribu sukarelawan yang berkontribusi pada isi proyek-proyek Wikimedia. Wikimedia Foundation juga didukung oleh sukarelawan yang tak terhitung jumlahnya yang berpartisipasi dalam komite, sebagai peserta magang, atau secara ad hoc

Dewan Pengawas menjalankan visi dan misi dari Wikimedia Foundation, mengulas dan membantu mengembangkan rencana jangka panjang, memberikan wawasan, serta mendukung usaha penggalangan dana Wikimedia Foundation. Sebagian anggota dewan dipilih dari komunitas kontributor untuk proyek-proyek Wikimedia. Dewan ini didukung oleh Dewan Penasihat, yang diketuai oleh Angela Beesley Starling. 

Wikipedia memiliki sebuah kantor yang berlokasi di San Francisco, California (AS) tempat sebagian besar pegawainya bekerja. Semua anggota dewan dan staf lain bekerja dari jarak jauh.


Oh ya, Bagi anda yang merasa Ilmu Pengetahuan adalah hal yang penting dan terus diperlukan dalam memenuhi kebutuhan bersama untuk memberantas kebodohan ada baiknya bagi anda yang memiliki dana lebih dapat turut berkontribusi membantu kelangsungan Wikipedia dengan memberikan Donasi langsung ke http://donate.wikimedia.org Semoga dengan bantuan anda, dapat terus mendukung Program-program di Wikipedia supaya lebih baik lagi dalam memperbaiki layanan dan kualitasnya untuk melayani Dunia Pendidikan di seluruh Dunia.


"Bayangkan sebuah dunia tempat setiap manusia dapat berbagi seluruh ilmu pengetahuan dengan bebas."
Jimmy Wales


Untuk dunia yang lebih baik persembahan dari,




0 komentar:

Posting Komentar

Kesulitan menghubungi kami? Silahkan Klik Contact us